Praktikum respirasi jangkrik berat tubuh

Oksigen dari luar masuk lewat spirakel. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan. Aktivitas, Makhluk hidup yang melakukan aktivitas memerlukan energi. Bab 1: Volume dihitung berdasarkan selisih posisi awal eosin dengan dengan posisi terakhir eosin pada pipa berskala, dan dihitung per satuan waktu menit.

Aktivitas, Makhluk hidup yang melakukan aktivitas memerlukan energi. Selain itu, ada pula serangga yang mempunyai insang trakea yang berfungsi menyerap udara dari air, atau pengambilan udara melalui cabang-cabang halus serupa insang. Misalnya, kepik Notonecta sp.

Jankrik bernafas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Selanjutnya dari cabang halus ini oksigen diedarkan melalui pembuluh trakea.

Praktikum Respirasi pada Serangga

Fungsi eosin: Untuk ukuran jangkrik yang besar ini analisis data menunjukkan penurunan juga yaitu dengan skala dai 0,05ml;0,25ml;0,15ml;0,1ml;0,09ml;0,06ml.

Untuk itu, saya sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran. Oksigen yang masuk digunakan tubuh untuk melakukan proses respirasi, yaitu proses pemecahan zat-zat makanan untuk menghasilkan energi. Respirasi Aerobik aerob Respirasi aerob yaitu respirasi yang menggunakan oksigen oksigen bebas untuk mendapatkan energi.

Akan tetapi, laju metabolisme biasanya cukup diekspresikan dalam bentuk laju konsumsi oksigen. Dengan demikian, darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan tidak mengangkut gas. Mengamati dan mencatat perubahan kedudukan eosin pada skala setiap 2 menit 10 detik sampai pipa berskala menunjukan angka 0.

Respirasi juga terjadi pada manusia yang disebut dengan pernapasan. Respirasi dilakukan oleh semua penyusun tubuh, baik sel-sel tumbuhan maupun sel hewan dan manusia. Mikrorespirometer dipakai untuk mengukur konsumsi oksigen hewan yang berukuran kecil seperti serangga atau laba-laba.

Semua sel aktif menerus melakukan respirasi, respirasi lebih sekedar pertukaran gas secara sederhana, proses keseluruhan merupakan reaksi oksidasi reduksi yatu senyawa dioksidasi menjadi CO2 sedangkan O2 yg diserap direduksi membentuk H2O. Sebelum disimpan, spesimen hewan dikembalikan ke tempatnya dan KOH yang biasanya meleleh segera dikeluarkan dan tabung dicuci bersih.

Dalam percobaan ini digunakan KOH yang berfungsi sebagai pengikat CO2 agar organisme jangkrik tidak menghirup CO2 yang dikeluarkan setelah jangkrik bernapas dan pergerakan larutan eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen.

Trakeolus mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler. Kuosien respirasi Jika karbohidrat misalnya sukrosa fruktan atau pati merupakan substrat rspirasi dan jika mereka secara sempurna dioksidasi maka volume O2 yg diambil persis berimbang dengan CO2 yang dilepas. Pertukaran gas O2 dan gas CO2 berlangsung melalui proses difusi yang berlangsung di alat pernafasan.

Trakhea terbagi menjadi trakheolus yang halus. Dengan melihat skala pada pipa respirometer. Respirasi pada serangga Proses respirasi pada serangga adalah Energi bebas diperlukan serangga untuk kelangsungan fungsi hidup serangga dan hal itu didapatkan dari oksidasi nutrien.

Reaksi umumnya sebagai berikut: Pengaruh faktor suhu bagi laju respirasi tumbuhan sangat terkait dengan faktor Q10, dimana umumnya laju reaksi respirasi akan meningkat untuk setiap kenaikan suhu sebesar 10oC, namun hal ini tergantung pada masing-masing spesies.

Alat respirasi pada berbagai hewan berbeda-beda.

Respirasi harus berlangsung pada setiap sel yang hidup dan aktif untuk mempertahankan kehidupannya. Sistem spirakel terbuka keluar tubuh dikenal sistem terbuka.Berikut ini tip dan trik agar praktikum respirasi pada serangga ini berhasil dengan bagus.

Gunakan sampel hewan (jangkrik) dengan ukuran tubuh/berat lebih besar. Tubuh/berat lebih besar membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga gerakan eosin lebih mudah diamati. Faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi diantaranya: Berat tubuh, Semakin berat tubuh suatu organisme, maka semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan semakin cepat proses respirasinya.

Ukuran tubuh, Makin besar ukuran tubuh maka keperluan oksigen makin laurallongley.com: Dosso Sang Isahi. Data Hasil Pengamatan NO Berat tubuh Hewan Skala kedudukan Eosin per 2 menit 1 2 Author: Ana Marutti.

Respirasi meliputi pengambilan, transport, dan penggunaan oksigen oleh sel-sel dan jaringan dan pemindahan karbondioksida dari tubuh. Trakhea terbagi menjadi trakheolus yang halus.

Pada serangga, cara respirasi utamanya adalah melalui difusi gas-gas. · Karena adanya kontraksi tubuh yang menjadikan tubuh serangga kembang kempis sehingga pembuluh trakea ikut kembang kempis. Akibatnya udara dapat beredar keseluruh bagian sel tubuh dan diedarkan oleh trakeolus yaitu cabang-cabang kecil trakea yang menembus jaringan kecil.

Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi sistem respirasi adalah: berat tubuh, aktivitas tubuh, suhu tubuh, dan usia. Percobaan Kedua Air kapur yang sudah ada di dalam tabung reaksi, ditiup perlahan-lahan menggunakan sedotan sehingga lama-kelamaan air akan berubah menjadi laurallongley.com: Apa Ajaaah.

Praktikum respirasi jangkrik berat tubuh
Rated 4/5 based on 69 review